Benarkah Suara Perkutut Identik dengan Datangnya Makhluk Halus?? Ini Jawabannya

Sebagian besar masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Jawa, mengidentikkan suara perkutut dengan kehadiran hal-hal gaib. Bahkan beberapa orang membercayai bahwa siapapun yang memelihara burung ini lalu mati, maka akan terjadi hal-hal gaib seperti datangnya makhluk halus. Maka dari itu, tidak heran jika banyak masyarakat yang takut untuk memelihara burung yang satu ini. Namun, sebagian orang yang memiliki pikiran rasional justru menjadikan burung yang satu ini menjadi hewan peliharaan. Ya!! Bisa dibilang bahwa hal ini adalah mitos belaka. Oleh sebab itu, mulai dari sekarang Anda tak perlu takut untuk memelihara seekor perkutut.

Bagi komunitas penggemarnya, burung perkutut merupakan burung yang diagung-agungkan dan wajib dipelihara. Namun, berbeda dengan zaman dahulu yang mana burung perkutut sangat mudah untuk ditemui. Saat ini, burung perkutut sudah semakin langkah dan jarang untuk ditemui. Burung perkutut sendiri terdiri dari beragam jenis, yakni burung perkutut putih, perkutut Bangkok, perkutut jawa, perkutut hitam, dan perkutut lokal. Dalam hal ini, burung perkutut putih terbilang yang paling mahal. Warnanya yang putih nan elegan tampaknya yang menjadi daya tarik bagi para pecintanya. Di samping itu, jenis ini memiliki suara yang lebih indah dibandingkan dengan jenis lainnya. Pada dasarnya, suara burung perkutut bisa dijadikan lebih indah dengan berbagai cara.

Adapun cara yang bisa dilakukan untuk membuat suara burung perkutut menjadi lebih indah adalah seperti demikian.

  • Umumnya, burung akan berkicau jika merasa tenang dan nyaman dalam keadaan disekitar kandangnya. Oleh sebab itu, Anda harus melatih burung untuk berbaur dengan manusia. Caranya ialah dengan meletakkan kandang burung di tempat yang ramai akan kerumunan manusia.
  • Memberikan makanan dan minuman yang bernutrisi dan baik untuk suara burung. Selain itu, sesekali berikan burung Anda sebuah pil vitamin.
  • Untuk melatih burung mengeluarkan suara yang merdu, maka sandingkan burung dengan burung perkutut lain yang suaranya sudah jadi atau dengan memutar suara burung mp3 di dekat kandangnya.